Konsep Pembelajaran Yang Mutakhir Dan Inovatif

Berbicara mengenai konsep pembelajaran, ada salah satu konsep yang disebut dengan SPICES. Jadi konsep tersebut digagas oleh Harden dkk (1984...

Berbicara mengenai konsep pembelajaran, ada salah satu konsep yang disebut dengan SPICES. Jadi konsep tersebut digagas oleh Harden dkk (1984) dan sudah banyak diterapkan serta dikembangkan dalam dunia pendidikan. Adapun konsep yang satu ini memang terbilang mutakhir dan inovatif karena memiliki beberapa keunggulan-keunggulan yang bisa membentuk para peserta didik untuk menjadi lebih baik.

Sebenarnya SPICES ini adalah akronim dari beberapa istilah yang sekaligus menggambarkan sebuah komponen utama dari suatu konsep pembelajaran. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini kami berikan penjelasan dari akronim tersebut.

• Student-centered
Jadi student centered ini maksudnya siswa dapat secara aktif mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang sedang dipelajari, belajar untuk menentukan apa yang dikehendaki, turut aktif di dalam pengelolaan pengetahuan, mampu mandiri dalam mencari pengetahuan, mampu memanfaatkan berbagai media serta lebih menekankan pada pencapaian kompetensi dan bukan pada ketuntasan materi. Di sini peran dari seorang guru menjadi fasilitator dan juga pembimbing siswa dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

• Problem-based
Di sini maksudnya para siswa akan diberi trigger masalah atau semacam studi kasus yang nantinya akan digunakan untuk pencarian, penggalian dan pengumpulan informasi maupun ilmu. Sehingga dengan cara ini para siswa bisa terus dirangsang agar mampu mengembangkan pola pikir dan daya analisanya.

• Integrated
Maksudnya, perencanaan kurikulum
pelajaran nantinya akan di desain secara terintegrasi. Baik itu secara vertikal maupun horizontal. Jadi cara pikir siswa di sini tidak dikotak-kotakkan berdasarkan masing-masing ilmu, melainkan mereka bisa mengintegrasikan dan menghubungkan antara keterampilan dan pengetahuan yang didapatkannya secara menyeluruh.

• Community-based
Community based di sini berarti suatu pembelajaran haruslah berorientasi terhadap keperluan masyarakat maupun kepentingan konsumen. Sehingga proses pembelajaran peserta didik tidak hanya terbatas pada ruang kelas saja melainkan mereka juga bisa mempelajari berbagai macam aspek kehidupan bermasyarakat yang terdapat di sekitar mereka. Jadi secara tidak langsung mereka bisa berlatih sekaligus belajar untuk mengambil peran yang positif di dalam lingkungannya.

• Elective
Di samping menyediakan materi pelajaran yang sudah terstruktur berdasarkan kurikulum, sebuah sekolah setidaknya juga harus menyediakan berbagai macam program pilihan yang bisa diambil oleh para siswa berdasarkan minat, bakat dan tujuan masing-masing.

• Systematic
Di sini suatu pembelajaran akan dikembangkan sesuai dengan materi, tujuan dan masing-masing tahapannya.

Apabila kita tinjau dari komponen yang ada pada SPICES ini, maka konsep pembelajaran tersebut menawarkan kelebihan kepada kita. Adapun di antaranya seperti berikut :

Menjadikan peserta didik akan lebih aktif dan termotivasi di dalam proses pembelajarannya.
Mampu mengembangkan keterampilan serta memecahkan permasalahan secara komprehensif.
Melatih keterampilan di dalam lingkungan sosial secara aplikabel.
Memberi kesempatan belajar untuk para peserta didik berdasarkan minat, bakat serta karakteristik lainnya.
Membuat proses pembelajaran menjadi lebih tertib dan juga lebih efisien.

Itulah sedikit ulasan mengenai konsep pembelajaran yang mutakhir dan inovatis sehingga sangat tepat untuk di aplikasikan.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Belajar Biologi cerita rakyat Ekonomi Fisika ilmu informasi Informasi Pendidikan IPA Kimia Pelajaran Penelitian Sejarah tips
false
ltr
item
0101: Konsep Pembelajaran Yang Mutakhir Dan Inovatif
Konsep Pembelajaran Yang Mutakhir Dan Inovatif
http://2.bp.blogspot.com/-GiFHcpZjQw0/VdSRIs06uVI/AAAAAAAAAso/6kS3h4xFscU/s320/Konsep%252BPembelajaran%252BYang%252BMutakhir%252BDan%252BInovatif%255B1%255D.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-GiFHcpZjQw0/VdSRIs06uVI/AAAAAAAAAso/6kS3h4xFscU/s72-c/Konsep%252BPembelajaran%252BYang%252BMutakhir%252BDan%252BInovatif%255B1%255D.jpg
0101
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/2014/01/konsep-pembelajaran-yang-mutakhir-dan.html
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/2014/01/konsep-pembelajaran-yang-mutakhir-dan.html
true
3817697223490981865
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy