Desain Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen yaitu penelitian yang didalamnya melibatkan manipulasi pada kondisi subjek yang di teliti, dibarengi usaha kontrol yan...

Penelitian eksperimen yaitu penelitian yang didalamnya melibatkan manipulasi pada kondisi subjek yang di teliti, dibarengi usaha kontrol yang ketat pada faktor-faktor luar dan melibatkan subjek pembanding atau metode ilmiah yang sistematis yang dikerjakan untuk membangun jalinan yang melibatkan fenomena sebab-akibat.

Metode penelitian eksperimental adalah metode penelitian yang bisa menguji dengan benar hipotesis yang menyangkut jalinan kausal (sebab-akibat). Didalam studi eksperimental peneliti merekayasa sangat sedikit satu variable, mengontrol variable lain yang relevan, serta mengobservasi efek/pengaruhnya pada satu atau lebih variable terikat. Didalam penelitian pendidikan variable yang dapat dimanipulasi terhitung metode pengajaran, type penguatan, pengaturan lingkungan belajar, type materi belajar serta ukuran grup belajar.

Sedangkan desain penelitian eksperimen, meliputi :

a. Desain postes grup kontrol subjek random : memakai penentuan subjek dengan acak serta melibatkan dua
grup subjek tanpa pretes.

b. Desain pasangan subjek postes dengan random : memakai random pasangan untuk penentuan ke-2 grup subjek sekalian.

c. Desain pretes-postes grup kontrol subjek random : memakai randomisasi penentuan subjek dan memakai pretes serta postes.

d. Desain tiga grup salomon : adalah design yang memakai pretes, postes, penentuan dengan acak, serta melibatkan tiga grup dengan dua grup kontrol.

e. Desain empat grup salomon : nyaris sama juga dengan design tiga grup salomon cuma saja melibatkan empat grup.

f. Desain faktorial simpel : sesuaikan dengan keberadaan factor lain yakni factor level hingga memiliki bentuk yaitu design faktorial.

g. Desain quasi eksperimen : adalah di antara design eksperimen satu variabel

h. Desain grup kontrol tidak ekuivalen : amat pas bila peneliti membutuhkan subjek penelitian yang cocok dengan kondisi serta tatanan yang telah permanen.

i. Desain deret waktu : lakukan pretes serta postes berkali-kali.

j. Desain deret waktu dengan grup kontrol : melibatkan dua grup, yakni grup eksperimen serta grup kontrol serta hasil yang diperoleh lebih menyakinkan dari pada design pretes-postes satu grup.

k. Desain kontrabalans sekurang-kurangnya : melibatkan dua grup yang beroleh perlakuan yang sama juga dengan urutan beroleh perlakuan yang tidak sama hingga jumlah perlakuan serta jumlah grup mesti sama.

Dengan demikian ternyata ada sangat banyak desain penilitian eksperimen yang bisa kita kerjakan. Semoga artikel ini bisa berguna.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Belajar Biologi cerita rakyat Ekonomi Fisika ilmu informasi Informasi Pendidikan IPA Kimia Pelajaran Penelitian Sejarah tips
false
ltr
item
0101: Desain Penelitian Eksperimen
Desain Penelitian Eksperimen
http://3.bp.blogspot.com/-tOzursncAkk/VdMaC_io8LI/AAAAAAAAAV8/HZK6wV7bA-o/s1600/Desain%252BPenelitian%252BEksperimen%255B1%255D.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-tOzursncAkk/VdMaC_io8LI/AAAAAAAAAV8/HZK6wV7bA-o/s72-c/Desain%252BPenelitian%252BEksperimen%255B1%255D.jpg
0101
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/2013/08/desain-penelitian-eksperimen.html
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/2013/08/desain-penelitian-eksperimen.html
true
3817697223490981865
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy