Keaktifan Belajar

Keaktifan Belajar - Guru adalah penanggung jawab dalam kegiatan proses pembelajaran. Hal ini karena guru yang langsung memberikan kemungkina...

Keaktifan Belajar - Guru adalah penanggung jawab dalam kegiatan proses pembelajaran. Hal ini karena guru yang langsung memberikan kemungkinan bagi para murid untuk belajar dengan efektif melalui pembelajaran. Adanya guru proses pengajaran masih tetap memegang peranan yang penting. Guru berperan dalam proses pengajaran yang belum dapat digantikan oleh hal lain bahkan komputer yang paling modern. Terlalu banyak unsur manusiawi yang merupakan hasil dari proses pengajaran yang tidak bisa didapat dari alat apapun.

Maka bisa dipahami bahwa guru memegang peranan yang penting pada proses belajar siswa melalui pembelajaran. Guru perlu menciptakan kondisi yang memungkinkan terjadinya proses interaksi yang baik dengan murid, supaya mereka bisa melakukan berbagai aktivitas belajar secara efektif.

Untuk menciptakan interaksi yang baik dibutuhkan profesionalisme dan tanggung jawab yang tinggi dari guru dalam usaha untuk membangkitkan dan mengembangkan keaktifan belajar murid. Segala keaktifan siswa pada proses belajar sangat menentukan keberhasilan pencapaian dari tujuan pembelajaran tersebut. Tingkat keaktifan belajar murid dalam suatu proses pembelajaran juga sebagai tolak ukur dari kualitas pembelajaran tersebut.

Pembelajaran disebut berhasil serta berkualitas jika seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagian besar murid terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, tidak hanya menunjukkan kegairahan belajar yang tinggi namun semangat belajar yang besar, serta rasa percaya pada diri sendiri.

Agar keaktifan belajar siswa muncul dalam proses pembelajaran, diperlukan berbagai upaya dari pengajar untuk bisa membangkitkan keaktifan mereka. Mengajar adalah usaha yang dilakukan oleh guru agar siswa belajar. Di dalam pengajaran maka siswa yang menjadi subjek, mereka adalah pelaku kegiatan belajar. Supaya siswa mempunyai peran sebagai pelaku dalam kegiatan belajar, maka sebaiknya guru merencanakan proses mengajar, yang mendorong siswa banyak melakukan berbagai aktivitas belajar. Aktivitas belajar atau tugas yang dikerjakan murid hendaknya menarik minat mereka, dibutuhkan dalam perkembangannya, serta bermanfaat untuk masa depannya.

Karena hal tersebut maka didalam pembelajaran upaya guru dalam mengembangkan keaktifan belajar murid menjadi sangat penting. Hal ini disebab keaktifan belajar siswa menjadi penentu bagi kesuksesan pembelajaran yang dilakukan.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Belajar Biologi cerita rakyat Ekonomi Fisika ilmu informasi Informasi Pendidikan IPA Kimia Pelajaran Penelitian Sejarah tips
false
ltr
item
0101: Keaktifan Belajar
Keaktifan Belajar
http://3.bp.blogspot.com/-X5A9jCUSgVc/VdQtsKtn-nI/AAAAAAAAAns/9b9Bneg9420/s1600/Keaktifan%252BBelajar%255B1%255D.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-X5A9jCUSgVc/VdQtsKtn-nI/AAAAAAAAAns/9b9Bneg9420/s72-c/Keaktifan%252BBelajar%255B1%255D.jpg
0101
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/2013/07/keaktifan-belajar.html
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/2013/07/keaktifan-belajar.html
true
3817697223490981865
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy