Tips dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar

Tips dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar. Belajar merupakan salah satu step penting di kehidupan manusia, dengan belajar, orang akan menjad...

Tips dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar. Belajar merupakan salah satu step penting di kehidupan manusia, dengan belajar, orang akan menjadi tahu akan sesuatu hal yang baru, dan dengan belajar pula orang akan menjadi orang yang lebih pintar akan suatu hal atau banyak hal. Namun ada kalanya orang mengalami yang namanya kesulitan Belajar. Apa yang menyebabkannya? Disini kita coba untuk mengupasnya dan mamberikan sedikit solusi atau cara mengatasi kesulitan belajar tersebut.

Apa pengertian Belajar?

Sebelum kita membahas tentang kesulitan belajar, mungkin ada baiknya kita mengetahui dahulu definisi belajar dari berbagai sumber, silakan di baca pengertian belajar dari berbagai ahli berikut ini:

1. Skinner dalam Barlow (1985) dalam bukunya Educational Psychology : The Teaching Learning Process, belajar adalah suatu proses adaptasi yang berlangsung secara progressif.2. Chaplin (1972) dalam Dictionary Psychology membatasi belajar dengan 2 macam :a. Belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat dari latihan dan pengalaman.b. Belajar adalah proses memperoleh respons-respons sebagai akibat adanya latihan khusus.3. Hintzman (1987) dalam bukunya The Psychology of Learning and Memory berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan yang terjadi pada diri organisme, manusia atau hewan disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.4. Wittig (1981) dalam bukunya Psychology of Learning belajar adalah perubahan yang relative menetap yang terjadi dalam segala macam / keseluruhan tingkah laku suatu organisme sebagai suatu hasil.5. Reber (1989) dalam Dictionary of Psychology. Menurutnya ada 2 definisi tentang belajar, yaitu :a. Belajar adalah proses memperoleh pengetahuanb. Belajar adalah suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relative langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat.Dengan demikian dapat dipahami bahwa proses belajar meliputi :a. Perubahan yang secara umum menetap (relatively permanent)b. Kemampuan bereaksi (response potentiality)c. Dapat diperkuat
(Reinforced)d. Melalui praktek dan latihan (Practice)

Apa Pengertian Kesulitan Belajar?

Definisi kesulitan belajar, adalah dimana seseorang sulit memahami, mengerti, dan mengingat suatu hal baru yang sedang ia pelajari dalam proses belajar walaupun sudah diulang beberapa kali.

Faktor-faktor yang menyebabkan Kesulitan Belajar?

Kesulitan dalam belajar dapat disebabkan oleh faktor internal dan juga faktor eksternal.

Faktor Internal antara lain:

  • Kondisi tubuh sedang tidak sehat atau tidak fit 
  • Kondisi PSikis sedang tidak Fit 
  • Sedang Stress 
  • Lagi Banyak pikiran 
  • IQ yang agak renah 
  • Kurang Berminat dengan pelajarannya 
  • Kurang berbakat di bidang tersebut 

Faktor Eksternal antara lain:

  • Lingkungan yang berisik 
  • Tuntutan yang sangat Tinggi dari Keluarga (orang tua) 
  • Ada di keluarga yang kurang kasih sayang, misalnya broken Home, dll 
  • Lingkungan sekolah yang sering tawuran 
  • Guru yang kurang perhatian akan perkembangan muridnya 
  • Cara Mengatasi Kesulitan Belajar

Setelah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar diatas, kita masuk ke tips dan caranya untuk mengatasi kesulitan belajar anda, berikut ini Tips2nya:

  1. Pastikan kondisi badan sedang fit, tidak seang kelaparan, dan tidak sedang sakit sebelum mulai belajar 
  2. Cari tempat yang tenang jika lingkungan anda berisik dan bising, atau bisa diganti dengan sambil mendengarkan musik kesayangan anda menggunakan earphone. 
  3. Fokus dalam belajar paling tidak selama 30 menit pertama, setelah itu bisa istirahat sebentar untuk minum atau menghirup udara segar sebelum melanjutkan lagi. Jangan terlalu diforsir otak anda untuk terus-terusan belajar, istirahatlah sejenak jika suah merasa penat dan pusing. 
  4. Bicarakan dengan orang tua atau keluarga agar jangan terlalu menuntut anda, agar anda bisa belajar dengan tenang dan bisa lebih berprestasi. 
  5. Kalau lingkungan sekolah tiak mendukung karena sering tawuran dan gurunya kurang mendukung, bisa anda bicarakan pada orang tua anda, mungkin bisa diperoleh solusi yang baik. 

Sementara itu dulu tips dan cara mengatasi kesulitan belajar yang dapat saya sampaikan, jika ada yang kurang tolong dishare disini yah.nanti akan saya update halaman ini kalau ada cara jitu lainnya. Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya.

COMMENTS

Nama

Akuntansi Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Belajar Biologi cerita rakyat Ekonomi Fisika ilmu informasi Informasi Pendidikan IPA Kimia Pelajaran Penelitian Sejarah tips
false
ltr
item
0101: Tips dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar
Tips dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar
http://3.bp.blogspot.com/-BJ3q5SDn4Yo/VdlHGMUFt9I/AAAAAAAABZ0/_ODOTFwGLc4/s1600/cara-mengatasi-kesulitan-belajar%255B1%255D.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-BJ3q5SDn4Yo/VdlHGMUFt9I/AAAAAAAABZ0/_ODOTFwGLc4/s72-c/cara-mengatasi-kesulitan-belajar%255B1%255D.jpg
0101
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/2013/04/tips-dan-cara-mengatasi-kesulitan.html
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/
http://izattfamilyupdates.blogspot.com/2013/04/tips-dan-cara-mengatasi-kesulitan.html
true
3817697223490981865
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy